Blog Info Peluang Usaha

Sunday, July 30, 2017

5 Cara Memulai Bisnis Online

Cara memulaibisnis online cukuplah mudah dan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Peluang usaha ini dikerjakan melalui internet untuk mendapatkan konsumen dan menawarkan produk yang kita jual.
Bisnis ini juga bisa dikerjakan berdampingan dengan pekerjaan utama untuk menambah penghasilan sehari-hari. Banyak orang yang melakukan bisnis online untuk mendapatkan penghasilan.


Membangun Mindset Positif
Internet biasa disebut juga dengan dunia virtual yang mampu mendorong kita untuk membangun bisnis lebih cepat dan menjadikannya sumber penghasilan utama. Oleh karena itu saat ini banyak sekali bisnis online yang dapat dilakukan oleh para pelaku bisnis di Indonesia.
Cara pertama dengan memiliki mindset yang benar, cara untuk menjalankan bisnis ini kita harus memiliki sikap mental yang positif. Selain itu kita juga harus berfikir untuk membangun aset yang nantinya akan bekerja untuk kita.
Untuk membangun bisnis online kita juga harus memperhatikan beberapa hal, seperti:
  •  Modal
  • Pasar yang akan didatangi
  • Produk yang akan dijual
  • Strategi pemasaran
  • Kelangsungan bisnis
  • Trend bisnis

Faktor penentu mindset ini 95% ditentukan oleh kualitas pribadi dan merupakan sifat non-teknis. Usahakan membangun usaha yang dapat memberikan manfaat untuk orang sekitar dan kebaikan sesama. Dengan begitu bisnis online anda akan berjalan dengan baik.

Memilih Barang
Cara kedua untuk cara memulai bisnis online dengan jualan produk apa yang akan dijual. Untuk memilih barang yang akan dijual mulai dengan mencari apa yang dibutuhkan masyarakat dan orang yang ada di sekitar kita. Karena kita merupakan problem solver yang memberikan solusi dari permasalahan orang lain.

Tukar manfaat juga menjadi salah satu bentuk transaksi yang menguntungkan. Tidak sedikit orang-orang yang salah langkah dalam tahapan ini dengan fokus pada produk dulu dan bukan pada kebutuhan orang-orang.

Membuat Toko Online
Caramemulai bisnis online yang ketiga dengan membuat website untuk jualan atau digunakan sebagai toko online. Website atau toko online ini digunakan sebagai tempat jualan online dengan mempromosikan produk di internet.
Secara teknis langkahnya dengan mencoba jualan melalui pasar online, aplikasi sosial media chat dan situs media sosial terlebih dahulu. Setelah itu baru kita mulai dengan membuat website.
Untuk pemilihan chanel sebaiknya cari yang nyaman dan mudah untuk dikuasai. Seperti Instagram, facebook dan BBM untuk chanel. Sedangkan untuk aplikasi social chat juga cocok untuk sarana komunikasi dengan konsumen atau pelanggan, karena kita dapat tanya jawab tentang detil produk tersebut.
Untuk website kita dapat memilih menggunakan website berbayar atau website gratisan.

Melakukan Promosi
Cara keempat dengan memulai promosi online, dengan menggunakan kata-kata yang pantas untuk ditampilkan pada website atau sarana promosi lainnya. Isi profil usaha, galeri gambar dari produk yang akan dijual, alamat tempat usaha dan cara pemesanan untuk order.

Bergabung dengan Komunitas
Cara memulai bisnis online kelima dengan mencari mentor dan komunitas yang positif. Untuk belajar bisnis  online yang serius mentor sangatlah penting dalam membimbing kita pada awal membangun bisnis.

Kita dapat belajar dari pengalaman kesuksesan dan jatuh bangun proses yang telah mentor tersebut alami. Untuk komunitas sebaiknya cari komunitas bisnis yang memiliki lingkungan positif dan mendukung proses belajar supaya kita lebih terarah.


Ada juga tempat rekomendasi untuk belajar bagaimana cara memulaibisnis online, seperti cafebisnis dan private brokerpreneur. Dalam membangun bisnis online ini juga kita harus memiliki niat untuk belajar dengan serius, pantang menyerah, mau bekerja keras, punya mimpi yang besar dan mau mengambil resiko.

No comments:

Post a Comment